Jumat, 07 Februari 2014

Dunstan Baby Language

Assalamu'alaikum...
Ah, rasanya lama sekali tak menyentuh halaman ini. Dari gw single mpe punya baby, baru kali ini gw sempetin ngepost. Alhamdulillah gw uda lairan kemaren 22 Des 2013, pas banget di hari ibu, gw jadi ibu beneran. heheh. Sumpah, gw seneng + terharu banget pas gw partus. Kebetulan yg nolongin partus temen gw sendiri. Ah, rasanya lega banget uda ngelewati masa2 sulit sebagai seorang ibu alias perang sabil -kata orang sih-. :) Dan yang paling mengejutkan ternyata berat baby gw gede banget-menurutku- 3600 gram. Panjang 50 cm (standar lah), dan lingkar kepala gede juga 36 cm, bukan berarti hidrocepalus lho.. hehe. Dan baby itu gw kasih nama: MUHAMMAD 'AINUN NA'IN WIBAWA. Sedikit nyontek nama papanya "Wibawa". Dulu pas hamil tua-yg orang2 pada sibuk nyiapin nama buat oroknya kelak- gw sama suami santai2 aja ga punya simpenan nama kecuali "Wibawa" nama belakang bakal calon anak gw. wkwkwk.

Sebenernya yg mo gw ceritain bukan itu, tapi sesuatu yg gw dapet dari seminar ade tingkat setahun lebih yang lalu. Yaitu tentang Dunstan Baby language. Ternyata ga sia2 gw ikut seminar itu.. hehe. Sekarang bisa gw praktekin sendiri, dan sumpah baby gw memang nyenyak dan pules beud bobonya. Dan memang benar juga nih, gw jadi tambah pede jadi mama, dan gw semakin bangga aja. haha. Soalnya anak gw jarang nangis kecuali kalo ASInya telat, dan itu pun sangat jarang sekali. Ah, bersyukur sekali gw punya baby yg menyenangkan. Gw bisa bilang begitu soalnya tetangga gw yg punya baby juga-selisih sebulan sama Na'in- notabene sering banget nangis (kata tetangga deketnya). Dan sehari ga cuma sekali aja yg nangis, ga tau mpe berapa kali. Gw sedih dengernya. kasian babynya. Ya ga sih? Gw yakin ga cuma gw yg "melas" sama baby nya. Orang awam pun pasti berpikiran begitu.

Mo shre sedikit nih tentang tangisan bayi yaa..
*Bayi menangis => merupakan ekspresi atau refleks atas kebutuhannya.
*Bayi dibiarkan menangis => scr akumulatif merupakan respons stress dari si bayi, yg kemudian akan melepaskan hormon kortison.
*Hormon kortison yg berlebihan akan mengganggu pembentukan sinaps di antar sel-sel saraf.
* Dalam jangka panjang akan berakibat pada terganggunya perkembangan faktor mental dan intelektual (kecerdasan si bayi).

nah, teori itu tuh yg mpe saat ini gw inget2.. Jangan sampe bayi gw stress gara2 kebutuhan dasarnya ga terpenuhi.
emm, tentang Dunstan Baby Language, sebenarnya gw ga tau banyak. Dan gw ga begitu apal, yg gw apal cuma pas baby gw haus, cape (ngantuk) dan ga nyaman. Kalo baby gw pengen nenen, gw denger dia bilang beginian: "NEH-NGEH-NAH-atau NGAH". Bis itu kepalanya miring alias noleh sebelah, lidahnya ngecap2.. Kalo liat (look) and denger (listen) yang begituan, pasti deh si "tole" lagi laper, pengen mimmik. kalo ga percaya bisa dibuktikan deh.. :D

Bis itu kalo baby gw ngantuk atau cape, biasanya dia bilang: "OWH" (baca: Aaaa..) yang namanya refleks menguap. Mulutnya bentuk oval. Pasti deh, dia nya cape atau pengen bobo. Eh, beneran, bari ditimang2, digendong bentar aja dia uda pules.. hehe

Yang terakhir: kalo baby gw ngerasa discomfort alias ga nyaman, misalnya pas dia pipis belom diganti popoknya, pas gerah atau pas di celananya ada pup, gw amatin dia bilang "HEH" berualang2 kali dan seperti ngos ngosan napasnya. Dan beneran, setelah gw ganti celana atau popoknya dia diem. haha. Seneng deh gw.

Ga cuma ada tiga macem tangisan baby lho, tapi ada lima (kaya balonku aja). Yang dua lainnya adalah: "EH" yang artinya Burp me atau butuh sendawa, dan yg satunya adalah "EAIRH" yang artinya ada wind atau gas di pencernaan bagian bawah (butuh kentut).

Yah, semoga bisa bermanfaat, terutama bagi ibu2 baru yg belum ada pengalaman punya baby, semoga sedikit membantu. nuwun :)
Wassalam..
ini poto anak gw. Dia seneng banget kalo bis mandi dipakein handuk. Heheh


 

Tidak ada komentar: