Jumat, 21 Februari 2014

Postnatal Spa With Mbah Dukun (Part 2)

Ini adalah inti dari postingan gw yang kemaren, skalian ngelanjutin ceritanya. Hehe..

Gw udah dalam posisi orang mo dipijet (versi mbah Temu). Posisinya kaya apa, rahasia aja deh ya.. Yang paling jelas posisi gw saat itu adalah tengkurep. Ya, tengkurep. Posisi yang berbulan-bulan gw rindukan. Baru kali ini gw bisa tengkurep setelah sekian lama ga gw kerjain. Seneng rasanya. Pijetan pertama tangan Mbah Temu yang mendarat di kaki gw rasanya mak nyuss banget. Emm, ini yang gw butuhin selama ini. (batin gw dalam hati). Padahal sebelum dipijet, gw sempet kepikiran kalo ga mau tengkurep soalnya gw khawatir sama ASI gw tar ngucur. Tapi kenyataannya ga separah yg gw bayangkan. :)
Detik2 pertama, gw sama Mbah Temu sempet hening, ga ada perbincangan diantara kami berdua. Semua bisu. Gw ga tahan dengan keadaan ini. Akhirnya gw mengawali perbincangan. (Gw=gw, MT=Mbah Temu)

Gw: Ko gjd datang pagi, mbah? Sebelum ke sini kemana aja?
MT: Injih, Bu. Tadi bis dari Barongan, Imogiri, sama sebelum muter udah ada pasien nunggu mo pijet di rumah.
Gw: (adduh, gw dipanggil "bu", sedih). Owh, tiap hari pasti ada yang pijet ya, Mbah?
MT: Iya, Bu.
Gw: (wah, laris bener ini dukun. Penghasilan Mbah Temu kalo diitung2 ngelebihin gaji PNS. Coba aja kalo sekali pijet dibayar 50rebu. Sehari minimal 3 pasien. Dikalikan 30 hari udah jd brp? Ah, pusing sendiri gw. Haha)
Itu awal perbincangan gw sama Mbah Temu. Masih terus memijat dan terus ngobrol ngalor ngidul. Ternyata Mbah Temu asik juga orangnya. Gw ga akan nyeritain proses pijat memijatnya, tapi Gw cuma mo ambil sepenggal pelajaran dari seorang Mbah Temu. Gw pikir, ini kelebihan Beliau dari dukun2 bayi yang lain. (menurut gw lhoo..)

Ini perbincangan gw sama Mbah Temu yang gw bilang up to date:
Gw: Mbah, jenengan ikut pelatihan2 gt juga, mbah? Ikut pembinaan sama bidan2 gitu ga?
MT: Iya lah, Bu. Tapi itu dulu, sekarang udah ga ada.
Gw: Berarti simbah punya partus set juga nih? (mikir: tau partus set ga ya?)
MT: Iya, kan di kasih. Punya dua malahan. Yang satu punya ibu saya (alm). Ibu saya dulu kan dukun juga. Tuh sekarang masih ada partus set nya di rumah.
Gw: (dlm batin: tau juga ternyata) Owh, nolong partus juga berarti ya, mbah? (pertanyaan yang ga perlu jawaban) wkwkwk
MT: Ya iya, Bu. Tapi semenjak pasca gempa itu (2006) udah ga boleh nolong lagi. Wah, dulu banyak orang yang minta tolong didampingi melahirkan, Bu. Soalnya dulu bayar rumah sakit mahal kan.. Jadi pada seneng lahiran di dukun, dibayar berapa2 mau, ga dibayar pun mau.
Gw: (dalam hati: subhanalloh..) Iya ya, Mbah. Padahal cape banget ya, Mbah? Trus nolong partusnya di rumah Simbah atau di rumah yg mo lahiran?
MT: Wah, nunggu orang mo lairan itu cape nya setengah mati, Bu. Kadang ada yang berhari2 ditungguin baru lahir. Saya yang datang ke rumah ibu yg mo lairan. Pernah mpe 3 hari ga pulang, padahal pas lebaran dan banyak tamu yang nunggu dirumah tapi saya tetep nunggu yang mo lairan.
Gw: (Treak dalam hati: SUBHANALLOOHH... Bidan (baca:gw) aja ga mpe segitunya deh)
MT: Kalau sekarang bidan2 itu enak, Bu. Cuma mriksa trus ditinggal, nanti keluar lagi kalau sudah mo lairan. Saya pernah nganter pasien udah 2 hari kesakitan datang ke rumah saya. Saya sudah tdk berwenang nolong partus lagi jadi saya antar ke bidan terdekat. Ke sana tengah malem. Bidannya keluar cuma mriksa saja, ga nungguin, mungkin tidur lagi. Saya yang nungguin sampai subuh, itu pun Bidannya belum keluar juga. Batin saya: ini bidan kemana kok ga nungguin pasiennya? Ah, Akhirnya saya tinggal pulang aja, biar keluarganya yang nunggu.
Gw: Haha, bidan mah suka gitu, mbah. Saya juga gitu, kalo nungguin nonstop ya cape. Hehe (Nyengir) Oya, Mbah Temu juga mandiin sam mijetin baby juga berarti ya?
MT: Iya, Bu. Tapi sekarang mijeti bayi kan ga boleh yang kasar2 kaya dulu, diengkuk2, ditarik2 kepalanya. Saya kalo mijetin bayi cuma tak elus2 aj ko, telentang trus tengkurep habis itu sudah, gitu aja. Kalo mandiin bayi sih sesuai request ibunya, Bu. Kalo beberapa hari trus si ibu bisa mandiin ya udah, tapi kalo kira2 si ibu kelihatan tidak semangat, lesu gitu ya saya dampingi sampai bisa.
Gw: Bener itu, mbah,,,
MT: (bercerita panjang lebar) Saya itu jadi dukun ga pernah maksa2 ko, Bu. Saya tetep mengikuti perkembangan. Kalo dulu ibu habis melahirkan selalu dipijet walik, kalau sekarang saya sudah tidak melakukan lagi kecuali kalau si ibu yang minta sendiri baru saya pijet walik perutnya. Mijet bayi pun begitu. Saya sudah ga pakai yg kasar2 lagi. Ada dukun yang masih maksa kalau mijet bayi kepala bayinya ditarik2 dsb, sekarang malah ga banyak yang nyari beliaunya (baca:sepi pasien). Kemarin ada ibu yang ngrangkak'i, cuma bisa tiduran aja, bayinya ga keurus, ya saya dampingi terus, payudaranya saya massage, saya kompres hangat dan dingin akhirnya alhamdulillah lancar juga ASI nya.
Gw: wah, Mbah Temu pinter juga nih, tau pijat payudara segala. Ikut pelatihan kah, Mbah?
MT: Ga juga, Bu. Cuma turun menurun ko.. :)
Dsb dsb dsb... (sebenarnya banyak bgt gw ngobrol sama Mbah dukun satu ini. Tp sayang ga bisa gw tulis semua di sini. Bayangkan aja gw dipijet selama 2 jam non stop. Buseet dah..)

Yang bisa gw tangkep dari obrolan 2 jam itu adalah: Mbah temu yang sangat sabar ini bisa jadi contoh buat bidan2 atau pun calon bidan yang mau jadi bidan (halah ribet) biar bisa selalu mendampingi dan memberikan support kepada ibu2 yang melahirkan biar ga post partum blues. Bis itu Mbah Temu yang up to date tentang perkembangan luar bisa kita contoh juga. Kita sebagai bidan jangan mau kalah sama dukun, up date ilmu itu juga penting. Bayangkan, orang jaman sekarang pinter2, akses informasi sangat mudah, kalau kita ga up date bisa2 pasien pada ga percaya plus ga akan pernah dateng lagi ke tempat kita (kaya dukun yang diceritain Mbah Temu yg sepi paien gara2 masih kasar mijet bayi nya). Selain itu, jangan pernah memaksakan kehendak. Kita hormati hak pasien. Jadilah bidan yang demokratis. Asal jangan meninggalkan SOP2 yang pernah ada. Karena sekarang rawan hukum, siapapun bisa menuntut kita. Heheh.
Dan terakhir: Mbah Temu ini gw recomended beuud deh, semua kalangan masuk (kata suami gw: awam masuk, medis juga masuk). Silahkan, bisa dibuktikan. Heheheh
Semoga bermanfaat...
Terimakasih.
 



Tidak ada komentar: