Selasa, 11 Februari 2014

Postnatal Spa With Mbah Dukun (part 1)

Semenjak gw nikah sama suami, gw tinggal di salah satu perkampungan di Bantul, Jogja. Ini kampung ga kampung2an banget ko (ga kaya kampung kelahiran gw) tapi juga ga kota2 amat. Sebagian orang masih memiliki kebiasaan kalo bis lairan: minum jamu,pijet walik, ga boleh makan pedes2 (biar pup baby nya ga mencret), kalo tidur-kaki kudu lurus, bla bla bla, dan masih banyak lagi. Gw sebagai bidan, bisa menghormati kebiasaan itu. Mereka (baca:simbah2) ga henti2 nya nyeritain jaman dulu, dan gw dengerin dg seksama. Tapi gw ga bisa dipaksa utk bisa melakukan semua kebiasaan jaman dulu, maklum gw suka nasehatin pasien2 gw masa gw sendiri melanggarnya. Hehe.. Simbah gw ada yg kolot banget, maksa2 gw ga boleh ini ga boleh itu... Tapi gw cuma senyam senyum aja, pura2 nge-iya-in perkataannya. Untung gw tinggal sama mertua gw yang demokratis, jadi gw ga stress. Minimal ga post partum blues (baca:depresi pasca melahirkan). Merdeka... Haha.

Walaupun mertua gw demokratis, tapi kadang juga nasehatin gw suruh pijet walik sama mbah dukun gitu. :( Mau gimana lagi, akhirnya gw mau. Gw disuruh milih--kan di desa gw tinggal sekarang masih tersisa dua dukun, yang satu dukunnya udah tua dan ga pernah dilatih sama bidan2, yang satunya dukun belum tua2 amat dan pernah rutin ikut pelatihan. Gw mutusin milih dukun yang terlatih. Sambil mikir, kalo itu dukun udah terlatih, minimal beliau tau mana yang boleh dan mana yang ga boleh dilakukan.. Emm, gw penasaran sama mbah dukunnya.. Gw nanya sama ibu mertua: "kapan nih pijetnya, Buk?" Ibu mertua: "besok lah minimal udah umur 40 hari bis lairan, besok biar ibuk ke rumah mbah dukun buat bikin janji". Gw: oke deh..

Hari itu tiba...
Saat itu gw 42 hari post partum. Katanya mbah dukun mo dateng pagi2. Gw mikir: Paginya mbah dukun jam berapa yak? Sumpah, gw masih penasaran sama mbah dukunnya. Gw uda nyiapin diri (bangun pagi2+beres2 awal waktu) berharap mbah dukun datang, gw uda siap, biar beliaunya ga nunggu gw masih beres2. Jam 8 semua kerjaan uda kelar. Jam 9 mbah dukun blm juga dateng. Oya, lupa... Mbah dukun namanya Mbah Temu. Inget ya,, Mbah Temu. :D Jam 10 belum juga dateng. Gw tunggu mpe jam 11 belum juga dateng. Aduh, Mbah Temu mo dateng jam berapa nih? Gw keburu kedatangan tamu. Temen2 gw mo maen ke rumah, katanya siang2. Gw khawatir kalo tar bentrok pas temen2 gw datang, Mbah Dukun juga datang. Adduuhh.. (Gw cemas). Pasrah aja deh..

Ternyata bener, temen2 gw datang jam 12an siang. Ga lama, jam 13an mereka pamit pulang. Gw makan siang, bis itu duduk2 di ruang tamu sama keluarga. Gw nanya sama ibu mertua: "Ko mbah Temu ga jadi datang ya, buk?". Ibuk; "Ga tau deh jadi apa engga, paling ga jadi wong katanya mo datang pagi ko". Gw: "Asik nih, gw ga jadi pijet walik. yes yes yes.."(teriak2 dalam hati). Ga selang lama dari perbincangan itu tiba2 ada sosok perempuan paruh baya dengan sepeda jengki nya, badan berisi, pakaian khas orang tua jaman dulu yang pakai rok jarik. Perempuan itu melontarkan senyum lebar kepada kami dan bertanya: "Benar ini rumahnya Pak Bakir??" Pak Bakir adalah nama bapak mertua gw. Ibu: "eh, Mbah Temu, mangga mangga masuk sini, Mbah. Ini lho yang mau dipijet (sambil nunjuk2 gw)". Gw: "eh, injih, mbah.. Mangga masuk sini. Duduk dulu, mbah. Saya buatkan minum dulu."

Sambil bikin minum, gw sambil bayangin gimana nanti gw dipijet sama mbah nya itu. Gw liat orangnya jadul, tapi murah senyum. Bismillah, lillahita'ala deh. Gw pasrah, tar tinggal bilang aja kalo gw ga mau dipijet perutnya. Tapi kalo mbahnya maksa gimana nih? Ah gw ga mau negatip thingking deh. Kayanya mbah Temu baik orangnya. Ehm, bis bikinin teh, gw minta ijin sebentar nyiapin tempat buat pijet sambil masih ngebayangin suasana nanti pas berdua sama Mbah Temu. Gw siapkan lesehan pake karpet di bawah biar leluasa dari pada di tempat tidur. Bis itu gw manggil Mbah Temu kalo uda siap. Beliau kemudian masuk ke kamar gw, dan gw masih aja canggung. Bingung klo uda gitu trus ngapain... Gw diem sejenak menatap wajah tua itu...
TO BE CONTINUE..
BERSAMBUNG...

Tidak ada komentar: