Sabtu, 09 Mei 2009

Bahaya Rokok


JAUHI ASAP DAN RACUN ROKOK
Merokok secara aktif maupun pasif dapat mempengaruhi kualitas sperma dan disfungsi ereksi. Perokok yang menghabiskan 1 bungkus rokok per hari dapat menyebabkan problem pernafasan janin Anda. Jika tidak ingin merusak pernafasan bayi Anda, sekarang waktu yang tepat untuk berhenti. Di satu sisi, perokok merasakan kenikmatan yang “memabukkan”, tetapi efek rokok sangat membahayakan kesehatan.
Di dalam asap rokok, terdapat lebih dari 4.000 molekul, seperti Co (karbon monoksida), nitrogen oksida, sianida, hidrigen, amonia, asetilen, benzaldehida, benzena, metanol, nikotin dan sebagainya. Saat seseorang merokok, nikotin akan terisap masuk ke dalam paru-paru, lalu ikut teresap dalam darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Pengaruh nikotin dapat menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan arteriosklerosis, yang merupakan penyebab utama terjadinya penyakit jantung koroner.
Merokok pada wanita menyebabkan penurunan produksi sel telur, menghambat perkembangan embrio, implantasi, meningkatkan kejadian keguguran dan resiko kelahiran prematur. Dalam tembakau terkandung nikotin yang dapat mengakibatkan terjadinya kasus-kasus keguguran, bayi mempunyai berat badan lebih rendah, bayi lahir cacat atau bayi meninggal setelah lahir. Hindari pula mencium asap rokok atau menjadi perokok pasif. Nikotin yang terhirup pada perokok pasif akan memberikan dampak yang sama buruknya.

Tidak ada komentar: