Sabtu, 09 Mei 2009

Saran buat para lelaki


MENINGKATKAN KUALITAS SPERMA
Kehamilan merupakan peristiwa illahiah yang hanya mungkin jika ada kontak antara pria dan wanita secara fisik. Oleh karena itu, tentu saja peran pria dalam proses kehamilan sangat tinggi. Maka, khususnya bagi para suami, sebelum melakukan hubungan seksual, mulailah dengan doa dan ikhtiar seperti yang disunahkan oleh para nabi, sehingga nantinya putr-putri Anda memiliki jiwa yang suci, amal yang berguna dan dijauhkan dari godaan jin dan syaitan.
Dalam tubuh suami yang sehat, akan diproduksi sperma yang baik. Sperma harus menuju ke arah yang tepat ke dalam vagina wanita dan rahim. Jika selamt sampai di sana, sperma harus cukup kuat untuk berenang ke pembuluh telur dan bertemu dengan telur. Pengertian sperma yang sehat ialah bentuk sempurna, lincah dan bergerak cepat. Anda membutuhkan paling tidak 20 juta sperma per mililiter dari air mani yang keluar saat ejakulasi. Jika gerakan sperma pelan atau bentuknya tidak lengkap atau berenang menuju ke arah yang salah, maka terjadi kesulitan dan kegagalan dalam pembuahan. Volume air mani pada saat ejakulasi yang normal mencapai 2-5 ml.
Sperma yang diproduksi testis, membutuhkan suhu yang rendah, kondisi yang cocok bagi perkembangan sperma. Suhu dalam tubuh yang normal sebenarnya masih terlalu tinggi bagi sperma untuk berkembang secara normal. Biasanya, proses reproduksi ini berjalan dengan normal. Kemungkinan sekali berhubungan seksual bisa berhasil terjadi kehamilan atau harus menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan keturunan. Maka pasutri dapat melakukan langkah-langkah tertentu untuk meningkatkan kesempatan terjadinya kehamilan.
Faktor yang mempengaruhi kesuburan sperma adalah sebagai berikut :
ü Pelebaran pembuluh darah balik di sekitar buah zakar (varikokel)
ü Penyakit, seperti kencing manis (diabetes melitus)
ü Infeksi pada masa remaja (gondongan/mums)
ü Faktor lingkungan (radiasi, medan listrik dan panas)
ü Obat-obatan tertentu
ü Ketegangan emosi dan stres
ü Kerusakan testis
ü Buah zakar tidak turun ke tempat seharusnya (kriptorkidismus)
ü Kegagalan buah zakar idiopatik primer/tak terjelaskan
ü Kelainan hormonal yang berhubungan dengan FSH dan LH (1%)

SUHU YANG SEJUK
Suhu testis yang sejuk membantu untuk memproduksi sperma yang sehat. Idealnya lebih dingin dari suhu normal tubuh. Itulah hikmah kenapa buah zakar yang di dalamnya terdapat testis diciptakan menggantung di luar tubuh pria. Hindari mandi uap atau berendam air panas untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas sperma.

1 komentar:

candradewi mengatakan...

ho ho... setuju... aku paling sebel dari lubuk hatiku yang paling dalam oleh yang namanya rokok... tapi ironisnya orang2 di sekitarku banyak yg udah kecanduan ma benda satu itu...